Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2018 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2018 BPS Kabupaten Rembang

Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2018 BPS Kabupaten Rembang

30 Agustus 2018 | Kegiatan Statistik


            Memasuki semester dua tahun 2018, kegiatan rutin dari Seksi Statistik Sosial, salah satunya adalah kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS). Secara umum kegiatan Sakernas bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk yang bekerja, jumlah pengangguran dan indikator ketenagakerjaan lainnya (seperti penduduk yang pernah berhenti/pindah bekerja, dll).

         Mulai tahun 2016, kuesioner Sakernas sudah mengadopsi 2 (dua) konsep baku ketenagakerjaan dari ICLS ke-13 dan ICLS ke-19, meskipun konsep ICLS ke-19 belum diakomodir secara utuh.

Pada Sakernas 2017 dilakukan penyempurnaan kembali penerapan konsep ICLS ke-19 yang mencakup penyempurnaan dan penambahan beberapa pertanyaan dalam kuesioner

         Sakernas 2018 dilaksanakan secara semesteran. Semester I dilaksanakan bulan Februari 2018 dan Semester II pada bulan Agustus 2018.  Pada Sakernas semester II ini, blok sensus terpilih merupakan blok sensus panel (panel survey) dan blok sensus tahunan itu sendiri. Panel Survei artinya rumahtangga sampelnya merupakan rumahtangga sampel yang sama pada Sakernas Agustus 2017 dan Februari 2018, yang nantinya rumah tangga tersebut akan didata kembali di Agustus 2018, dimana tidak dilakukan lagi pemutakhiran/updating dan langsung dapat dilakukan pencacahan rumah tangga sampel.

Di Kabupaten Rembang jumlah sampel Sakernas Agustus sebanyak 44 blok sensus. Kegiatan pencacahan Sakernas dilaksanakan pada tanggal 8-28 Februari 2018. Jumlah petugas sebayak 30 orang, 22 orang sebagai pencacah lapangan (PCS) dan 10 orang sebagai pengawas (PMS), dimana setiap PCS mengerjakan sekitar 2-3 blok sensus dan setiap pengawas membawahi 2 orang PCS.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan terkait pemahaman konsep definisi, kepatuhan Standard Operating Procedural (SOP) yang telah dirumuskan dan yang terpenting untuk melihat kualitas data yang dihasilkan dari pendataan ini, maka pengawasanpun dilakukan. Di awal pelaksanaan, pengawas lapangan (PMS) turun ke lapangan bersama-sama dengan petugas pencacah lapangan (PCS). Pengawasan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pencacahan yang dilakukan oleh petugas dan untuk meminimalisir kemungkinan non respon maupun perubahan-perubahan karakteristik rumah anggota maupun ART nya karena sifatnya yang panel survei itu dan juga kemungkinan  diakibatkan kurangnya probing yang dilakukan petugas pada saat melakukan pencacahan pada periode sebelumnya. Dengan adanya pengawasan ini kecil kemungkinannya ditemukan kecurangan yang dilakukan oleh petugas juga kesalahan-kesalahan yang terjadi di lapangan maupun dalam pengisian di kuesionernya.

Setiap kegiatan lapangan tidak semuanya berjalan dengan sempurna. Kendala dan hambatan terkadang menjadi hambatan bagi petugas. Untuk itu kendala-kendala tersebut harus segera diselesaikan dengan baik dengan tetap melakukan koordinasi dengan pengawas dan penganggung jawab di kabupaten/kota masing-masing. Semoga  kendala-kendala yang timbul pada saat di lapangan tidak membuat para petugas terkendala dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sehingga pelaksanaan sakernas di Kabupaten Rembang khususnya dan di kab/kota lainnya pada umumnya dapat berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan menghasilkan data ketenagakerjaan yang akurat dan lebih berkualitas. (SR)

 

# Tetap semangat

# Sukseskan Pendataan Sakernas Agustus 2018

 




Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik