Supervisi Survei Data Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Supervisi Survei Data Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) BPS Kabupaten Rembang

Supervisi Survei Data Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) BPS Kabupaten Rembang

12 November 2018 | Kegiatan Statistik


Salah satu kegiatan dari seksi statistik distribusi adalah Survei Indeks kemahalan Konstruksi (IKK). IKK adalah indeks harga yang menggambarkan tingkat kemahalan konstruksi suatu kabupaten/kota. Data IKK diperoleh dari hasil Survei Harga Kemahalan Konstruksi khusus bahan bangunan/konstruksi, sewa alat berat, dan upah jasa konstruksi yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di selindo.

 

Tujuan utama penghitungan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) adalah menyediakan data dasar dalam rangka kebijakan dana perimbangan  dan utamanya digunakan sebagai salah satu alokator dalam penghitungan Dana Alokasi Umum (DAU).

 

Di Kabupaten Rembang jumlah sampel IKK sebanyak 4 sampel dan pelaksanaannya dilakukan secara triwulanan.

 

Dalam rangka monitoring dan upaya mengawal kualitas data IKK, BPS Provinsi Jawa Tengah melakukan monitoring kualitas dengan melakukan supervisi ke BPS Kab/Kota. Untuk Kabupaten Rembang sendiri, petugas supervisi dari BPS Provinsi Jateng adalah Bapak Eko Suharto. Bersama-sama dengan petugas lapangan serta didampingi Kasi Statistik Distribusi Kab Rembang, Winarso, SST melakukan pengecekan lapangan dengan sampel toko bangunan dan persewaan alat berat. Responden yang menjadi sampel menerima dengan baik kedatangan petugas dan dapat memberikan informasi yang sebenarnya atas pertanyaan yang diajukan oleh petugas pengumpul data maupun petugas supervisi. Terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara pihak pengusaha (responden) dengan BPS. Ada beberapa hal yang menjadi kendala (saran dan masukan) dari pihak responden terkait dengan isian pertanyaan (kuesioner) dan itupun sudah diterima oleh petugas supervisi untuk selanjutnya akan ditanyakan ke BPS RI untuk mendapatkan solusi jawaban dari kendala tersebut.

 

Dan harapannya dengan semakin terbukanya responden dalam memberikan informasi terkait data IKK maka sedini mungkin kesalahan maupun kekuranglengkapan data di lapangan dapat diminimalisir sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan terpercaya sehingga kualitas data IKK semakin terjaga. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik