Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Data Statistik Sektoral BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Data Statistik Sektoral BPS Kabupaten Rembang

Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Data Statistik Sektoral BPS Kabupaten Rembang

10 Desember 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Data Statistik Sektoral dan Pembahasan Data Publikasi Kabupaten Tahun 2018 untuk yang kedua kalinya. Acara diselenggarakan pada Hari Kamis Tanggal 6 Desember 2018, bertempat di Aula BPS Kabupaten Rembang. Bertindak sebagai Narasumber adalah Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA dan Kasi IPDS, Herhardana, S.Si.

Acara dihadiri oleh seluruh Dinas/SKPD  dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Rembang serta organik BPS Kbaupaten Rembang. Turut hadir dan sekaligus berkenan memberikan arahan dalam pembukaan FGD yaitu Setdakab Rembang, Bapak Drs. Subakti.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa data itu penting sebagai rujukan utama bagi kebijakan, perencanaan pembangunan di kalangan pemerintah dan pengguna data lainnya. Oleh karena itu, ini harus menjadi perhatian bagi kita semua dalam membangun Rembang yang lebih baik dan maju.

Selanjutnya Bapak Henri Wagiyanto dalam paparannya menjelaskan secara detail terkait data statistik sektoral, data statistik dasar dan khusus, menjelaskan strategi kolaborasi antara BPS dengan dinas terkait guna finalisasi kualitas data, kondef dan metodologi. Disamping itu beliau juga menjelaskan tentang data-data makro yang dihasilkan BPS Kabupaten Rembang, seperti angka inflasi, kemiskinan, pengangguran, angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, IPM dan lainnya.

Paparan selanjutnya dari Bapak Herhardana yang menjelaskan terkait penyusunan publikasi Daerah Dalam Angka (DDA) 2018. Evaluasi dan permasalahan yang terjadi selama dalam penyusunan DDA adalah pemasukan dokumen/data dari Dinas yang yang belum mencapai 100 persen, mengingat data DDA 80 persennya berasal dari data dinas (data sektoral), ketersediaan data yang tidak berkesinambungan, perubahan data antar waktu ada yang ekstrim, dan masalah konsistensi data.

Diharapkan dengan FGD ini dapat menghasilkan data sektoral dengan satu data guna menjawab tantangan-tantangan pembangunan Rembang yang lebih baik. Disamping itu juga untuk meningkatkan kualitas dan perbaikan data DDA, mengingat DDA merupakan publikasi rujukan utama yang digunakan untuk perencanaan, evaluasi dan dasar dalam membuat kebijakan pemerintah. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik