Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Rembang Dalam Angka 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Rembang Dalam Angka 2019

Focus Group Discussion (FGD)  dalam rangka Penyusunan Rembang Dalam Angka 2019

28 Februari 2019 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Publikasi Rembang Dalam Angka 2019, Rabu tanggal 27 Februari 2019 bertempat di Aula Setda Kabupaten Rembang. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta dari OPD/instansi terkait di lingkungan Pemda Rembang dan organik BPS Kabupaten Rembang. Bertindak sebagai Narasumber adalah Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA dan Setda Kabupaten Rembang, Drs. Subakti.

 

Acara dibuka secara langsung oleh Setdakab Rembang, Drs. Subakti. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung dan mengapresiasi BPS Kabupaten Rembang yang sudah memfasilitasi acara FGD ini bersama-sama dengan OPD/instansi terkait dalam peningkatan data Rembang Dalam Angka 2019. Beliau juga menyampaikan bahwa data itu sangat penting dalam suatu perencanaan pembangunan, sebagai alat kendali, dasar evaluasi dan dasar kebijakan pemerintah. Beliau mengharapkan kepada seluruh OPD/instansi terkait untuk membantu BPS dalam menyiapkan data-data sektoral yang diperlukan BPS dalam penyusunan publikasi Rembang Dalam Angka 2019 agar kedepan publikasi yang disajikan dapat dijadikan acuan/rujukan utama bagi pemerintah daerah dalam membuat keputusan dan pengguna data lainnya. Mengingat BPS mempunyai tugas pokok dalam penyiapan data dasar. Ini dilakukan tentunya dalam rangka membangun Rembang yang lebih baik melalui data yang akurat.

 

Selanjutnya Bapak Henri Wagiyanto dalam paparannya menjelaskan tentang arti pentingnya data. Pembangunan suatu daerah tidak akan berhasil tanpa data. Pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik, tentunya kebijakan yang diambil akan menjadi kurang tepat. Maka perlu dipahami bersama bahwa data dalam pembangunan memiliki fungsi yang sangat strategis. Data yang akurat bila digunakan dalam perumusan perencanaan tentunya akan menghasilkan rencana pembangunan yang tepat sasaran. Perecanaan pembangunan yang tepat sasaran sangat memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini.


FGD kali ini bertujuan untuk peningkatan kualitas dan persiapan penyusunan publikasi Rembang Dalam Angka 2019. FGD dilaksanakan dengan metode kelompok yang pembagiannya berdasarkan OPD/instansi terkait dengan dipandu 2 orang dari organik BPS Kabupaten Rembang. Pembagian kelompok ini dimaksudkan untuk mengakomodir dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan data sektoral dari OPD/instansi terkait seperti permasalahan ketersediaan data yang tidak berkesinambungan, pemasukan data yang melewati batas waktu pengumpulan data, perubahan data yang ekstrim, dan masalah konsistensi data.

 

Beliau mengharapkan melalui FGD ini OPD/instansi terkait dapat duduk bersama dengan BPS Kabupaten Rembang membahas permasalahan dan kendala-kendala dalam pengumpulan data Rembang Dalam Angka. Harapannya dengan diskusi terarah ini didapatkan hasil dan informasi yang sangat berguna bagi BPS dalam upaya perbaikan kualitas data Rembang Dalam Angka yang akan dipublikasikan. Semoga pertemuan ini bermanfaat untuk pembangunan Rembang yang lebih baik. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik