Pelatihan Petugas Updating Potensi Desa (PODES) 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Updating Potensi Desa (PODES) 2019

Pelatihan Petugas Updating Potensi Desa (PODES) 2019

16 April 2019 | Kegiatan Statistik


Potensi Desa (PODES) sebagai satu-satunya basis data kewilayahan sampai dengan tingkat desa/kelurahan. Podes 2019 mampu menjadi ujung tombak pembangunan desa/kelurahan yang dapat diandalkan di seluruh Indonesia.

 

Guna mempersiapkan pelaksanaan Updating Podes 2019, BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Pelatihan Petugas Updating Podes 2019 yang dilaksankaan dalam 2 gelombang. Gelombang I tanggal 15 April 2019 dan gelombang II tanggal 18 April 2019. Pelatihan berlangsung di Aula BPS Kabupaten Rembang dengan peserta berasal dari mitra statistik dan Organik BPS Kabupaten Rembang. Pelatihan dipandu oleh 2 (dua) orang instruktur daerah (Inda) dari BPS Kabupaten Rembang, yaitu Faisal Lutfi Arief, SST dan Mustaghwiroh, S. Stat.

 

Pelatihan petugas merupakan salah satu tahapan persiapan yang strategis dalam setiap survei maupun sensus. Dalam tahapan ini berlangsung proses transformasi pengetahuan dan pembentukan ketrampilan seorang petugas yang nantinya akan terjun langsung di lapangan. Dari pelatihan ini hasil yang diharapkan nantinya petugas mampu melaksanakan pendataan dengan benar dan lengkap sesuai dengan konsep definisi yang telah diajarkan dan jadwal yang harus dipatuhi.

 

Pelatihan dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Statistik Rembang, Khaerul Anwar, SST. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya kegitan updating Podes 2019. Pelaksanaan Updating Podes 2019 serentak akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 dengan melibatkan petugas pegawai BPS dan mitra statistik. Kegiatan upating Podes 2019 hanya mendata seluruh wilayah desa/kelurahan saja dengan respondennya adalah Kepala Desa/Lurah atau perangkat desa yang mewakili. Diharapkan responden dapat memberikan jawaban secara benar mengingat pentingnya data yang akan dihasilkan bagi pembangunan.

 

Updating Podes 2019 merupakan kegiatan Program Prioritas Nasional karena akan digunakan untuk mendukung sasaran pembangunan. Manfaat data Podes selain untuk melengkapi Daerah Dalam Angka (DDA) Kabupaten, data Podes juga digunakan untuk menghitung Indek Kesulitan Geografis (IKG) dan Indek Pembangunan Desa (IPD). Kedua indikator tersebut (IKG dan IPD, red) merupakan indikator yang cukup kuat untuk mengetahui perkembangan desa. Data Podes juga sebagai rujukan pemerintah dalam program pengentasan stunting yang saat ini merupakan isu penting terkait kualitas manusia.

 

Ada 3 (tiga) perbedaan Podes 2018 dengan Updating Podes 2019, yaitu 1). Cakupan pada Updating Podes 2019 hanya wilayah desa/kelurahan. Sedangkan Podes 2018 mencakup desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten. 2). Pertanyaan pada Updating Podes 2019 lebih sedikit dibanding Podes 2018. 3). Updating Podes 2019 menggunakan aplikasi Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) yang berbasis android. Sedangkan Podes 2018 tidak menggunakan aplikasi CAPI.

 

Semoga nantinya pelaksanaan Updating Podes 2019 ini berjalan dengan lancar. Petugas dapat menjalankan tugasnya dengan lancar, sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan tepat waktu, sehingga data yang dihasilkan lebih baik dan berkualitas. Oleh karena itu mari kita dukung dan sukseskan Pemutakhiran Data Potensi Desa (PODES) 2019. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik