Pelatihan Sakernas Tahunan 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Sakernas Tahunan 2019

Pelatihan Sakernas Tahunan 2019

1 Agustus 2019 | Kegiatan Statistik


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan kegiatan rutin semesteran yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pada bulan Agustus ini BPS melakukan Sakernas Tahunan dengan jumlah sampel yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah sampel pada semester satu. Hal ini dikarenakan, Sakernas pada bulan Agustus ini akan digunakan untuk melakukan estimasi sampai tingkat Kabupaten/Kota. Untuk wilayah Kabupaten Rembang cakupan sampel Sakernas pada bulan Agustus ini kurang lebih 720 rumah tangga.

Dengan jumlah sampel yang sebesar itu,  maka BPS Kabupaten Rembang membutuhkan petugas yang banyak pula. Oleh karenanya, pada pelaksanaannya akan menggunakan tenaga dari mitra statistik sebagai pencacah lapangan (PCL). Sedangkan untuk menjaga kualitas Sakernas BPS Kabupaten menggunakan tenaga pegawai organik BPS sebagai pemeriksa lapangan (PML).

Untuk mendapatkan data ketenagakerjaan yang berkualitas, maka dibutuhkan petugas yang mempunyai pengetahuan yang cukup tentang ketenagakerjaan dan penguasaan kuesioner Sakernas. Oleh karena itu BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Pelatihan Petugas Sakernas Tahunan 2019 di Hotel Fave Rembang dan dilaksanakan menjadi dua gelombang.

Pada gelombang pertama diselenggarakan pada tanggal 16 s.d 19 Juli 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang, terdiri dari 18 PCL dan 4 PML. Pelatihan di gelombang satu ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Statistik Sosial.

Untuk gelombang dua diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 25 Juli 2019 dengan jumlah peserta sama seperti di geombang satu, yaitu 18 PCL dan 4 PML. Pada gelombang dua ini pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang.

Selama proses pembelajaran di kelas, baik gelombang satu ataupun gelombang dua didampingi oleh seorang Instruktur yang berasal dari Kasi Statistik Sosial. Proses pembelajaran meliputi pengetahuan tentang Sakernas itu sendiri dan teknik pelaksanaan di lapangan. Pada hari terakhir pembelajaran dilaksanakan role playing untuk mengasah kemampuan setiap peserta, baik penguasaan kueioner Sakernas maupun teknik wawancara dengan responden.

Pada saat role playing, peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mewawancarai seorang responden yang didatangkan ke tempat pelatihan. Dengan demikian, peserta pelatihan akan terbiasa untuk melakukan wawancara dengan responden dan bisa menguasai kueioner Sakernas. Hasil role playing ini kemudian dilakukan pembahasan oleh masing-masing kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lainnya. Dengan demikian akan diperoleh masukan dan saran perbaikan saat wawancara, sehingga nantinya bisa diterapkan di lapangan untuk menghasilkan data ketenagakerjaan yang berkualitas.(ipds)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik