Survei KSA (Juli 2020) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei KSA (Juli 2020)

Survei KSA (Juli 2020)

28 Juli 2020 | Kegiatan Statistik


Saat ini ketersedian data pangan yang valid dan akurat merupakan hal yang penting di masa pandemi Covid-19 ini. Data pangan yang valid dan terkini sangat penting dalam pengambilan kebijakan Pemerintah khususnya penyediaan komoditas pangan. Mengingat penting dan strategisnya data pangan, maka  di tujuh hari terakhir setiap bulannya BPS melaksanakan survei Kerangka Sampel Area (KSA).

 

Survei Kerangka Sampel Area (KSA) untuk memperoleh data luas panen yang objektif, akurat, cepat dan modern dengan menggunakan perangkat/aplikasi KSA yang diinstal pada android petugas. Sehingga data pertanian yang dikumpulkan (komoditi padi dan jagung) menjadi akurat dan tepat waktu.

 

Petugas dibekali aplikasi KSA untuk menentukan fase tumbuh dan akan mengambil gambar dengan aplikasi tersebut dan langsung di upload di server KSA, sehingga penentuan fase tumbuh tanaman padi oleh petugas dibuktikan juga dengan gambar visual.

 

Dalam kegiatan ini, setiap pencacah mengerjakan 4-5 segmen dan setiap segmen terdapat 9 subsegmen. Petugas akan menentukan  fase pertumbuhan padi setiap sub segmen dan akan mengambil gambar dengan aplikasi tersebut dan langsung di upload di server KSA, sehingga penentuan fase tumbuh tanaman padi oleh petugas dibuktikan juga dengan gambar visual. Fase pertumbuhan padi terdiri dari vegetatif awal, vegetatif akhir, generatif, panen, persiapan lahan, puso, lahan sawah ditanami bukan padi, dan bukan sawah.

 

Di tengah pandemi petugas tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pengumpulan data di lapangan.

 

Untuk rekan-rekan di lapangan, jaga kesehatan dan keselamatan.  Semoga sehat selalu dan tetap semangat! 

(Jq)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik