Survei KSA Bulan Juni 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei KSA Bulan Juni 2020

Survei KSA Bulan Juni 2020

26 Juni 2020 | Kegiatan Statistik


Bulan berganti bulan, tidak terasa KSA mulai (lagi) dijalankan. Tepatnya di Minggu ke-3 atau 7 (tujuh) hari terakhir setiap bulannya petugas KSA mulai berjibaku kembali ke area persawahan, tegalan dan masih tetap bersahabat dengan teriknya panas, hujan, lumpur, semak belukar dan bahkan binatang melata.

 

Survei KSA merupakan inovasi pengukuran luas panen dalam rangka perbaikan data produksi tanaman pangan yang melibatkan BPS, Kementerian Pertanian, Badan Informasi Geospasial, BPPT, Badan Pertanahan Nasional, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

 

Dengan metode KSA diharapkan mampu memperbaiki metode pengumpulan data luas panen yang didasarkan pada hasil pandangan mata petugas pengumpul data (eye estimate) sehingga mampu menjawab penyediaan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk mendukung perencanaan Program Ketahanan Pangan Nasional.

 

Dalam kegiatan ini, setiap pencacah mengerjakan 4-5 segmen dan setiap segmen terdapat 9 subsegmen. Pencacah akan melakukan mengamati fase pertumbuhan padi setiap sub segmen. Fase pertumbuhan padi terdiri dari vegetatif awal, vegetatif akhir, generatif, panen, persiapan lahan, puso, lahan sawah ditanami bukan padi, dan bukan sawah.

 

Petugas dibekali aplikasi berbasis andorid, yaitu aplikasi KSA untuk menentukan fase tumbuh dan akan mengambil gambar dengan aplikasi tersebut dan langsung di upload di server KSA, sehingga penentuan fase tumbuh tanaman padi oleh petugas dibuktikan juga dengan gambar visual. Jadi petugas harus betul-betul mendatangi lokasi pengamatan.

 

Dengan metode KSA diharapkan data luas panen menjadi lebih akurat dan tepat waktu. Melalui informasi fase amatan KSA  juga dapat diketahui perkiraan panen sampai beberapa bulan ke depan. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk pemerintah dalam menentukan kebijakan program pangan nasional.

 

Di tengah pandemi COVID-19 yang sudah melanda sekitar 4 bulanan lebih, BPS tetap melaksanakan kegiatan lapangan KSA dengan diberikan perpanjangan jadwal pelaksanaan, yang semula deadline setiap akhir bulan, dan sekarang (saat pandemi) deadline setiap tanggal 6 di awal bulan berikutnya. Petugas ke lapangan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Petugas sudah dibekali seperti penggunakan masker, memakai face shield, dan sedia hand sanitizer. Gunakan baju lengan panjang, sepatu, celana panjang dan kaos tangan untuk proteksi diri.

 

Kegiatan KSA ini melibatkan petugas mitra BPS sebagai pencacah lapangan yang bertugas memotret titik amatan dan memberikan informasi fase tanaman pada saat pemotretan dan organik BPS sebagai pencacah dan juga ada sebagai pengawas lapangan. Tidak ketinggalan, Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA juga turut serta melakukan supervisi lapangan kegiatan KSA di Desa Mlatirejo, Kecamatan Bulu bersama dengan KSK Bulu, M. Dwi Priyanto, SE. Beliau ikut menyaksikan langsung proses pemotretan titik amatan kegiatan KSA padi.

 

Kendala yang dihadapi adalah karena Kabupaten Rembang saat ini dinyatakan sebagai wilayah dengan Zona Merah Covid-19, ada beberapa wilayah (akses masuk ke desa) menjadi sulit dilalui. Gang-gang kecil ditutup dan diberi ‘palang’ larangan masuk. Ini dilakukan warga untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona. Terpaksa petugas harus memutar arah keluar desa untuk mencari jalan tembus ke lokasi KSA. Ada juga beberapa petugas yang bisa masuk ke lokasi KSA dengan harus melapor ke pihak RT setempat terlebih dulu.

 

Tetap semangat temen-temen. Berjuanglah untuk negeri ini. Yakinlah bahwa melalui survei KSA ini, langkahmu juga turut menentukan pemenuhan pangan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan, kesehatan, keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara ini. Dan semoga pandemi COVID-19 segera berlalu.  (Jq)

 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik