Survei KSA di Penghujung Tahun 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei KSA di Penghujung Tahun 2020

Survei KSA di Penghujung Tahun 2020

23 Desember 2020 | Kegiatan Statistik


Bulan berganti bulan, tidak terasa kegiatan Kerangka Sampel Area (KSA) sudah di penghujung tahun 2020. Banyak suka duka yang dirasakan temen-temen petugas KSA di tahun ini. Duka tahun ini, dimana negeri ini bahkan dunia, sedang dilanda wabah yang sangat yang mematikan, yaitu virus corona (Covid-19).

 

Saat bertepatan dengan jadwal KSA bulan Maret, disitulah awal wabah melanda di Indonesia. Sempat KSA bulan Maret ditiadakan untuk pelaksanaan lapangannya. KSA Maret diperkirakan dari hasil amatan KSA bulan Februari sebelumnya. Hingga saat inipun wabah mematikan tersebut belum juga berakhir. Protokol kesehatan (Prokes), itulah alat para petugas lapangan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Dan sampai detik inipun alhamdulilah temen-temen petugas sudah terbiasa dengan “prokes’ tersebut.

 

KSA, tepatnya di minggu terakhir atau 7 hari terakhir setiap bulannya petugas KSA mulai berjibaku kembali ke area persawahan, tegalan dan masih tetap bersahabat dengan teriknya panas, hujan, lumpur, semak belukar bahkan binatang melata. Meski kondisi masih pandemi, BPS hingga saat ini tetap melaksanakan kegiatan lapangan KSA dengan penerapan protokol kesehatan bagi petugas lapangan.

 

Tujuan dari survei KSA untuk menghitung perkiraan luasan panen untuk komoditas padi dan palawija (jagung). Perkiraan luas panen dengan produktifitas komoditas tersebut yang akan menjadi angka produksi untuk komoditas padi dan jagung.

 

Implementasi KSA sendiri menggabungkan peta luas baku lahan sawah yang diperoleh dari teknologi penginderaan jarak jauh (citra satelit) sebagai kerangka pengambilan sampel dan pemanfaatan perangkat Android untuk observasi lapangan. Pengumpulan data melalui KSA dilakukan dengan menggunakan area segmen sebagai sampel perhitungan. Pengamatan segmen dilakukan pada tujuh hari terakhir setiap bulannya.

 

Masih di tengah pandemi covid-19 dan bertepatan saat ini di Kabupaten Rembang kondisi sudah  musim penghujan, tidak menyurutkan langkah dan semangat petugas KSA untuk melakukan pengumpulan data di lapangan.  Sesuai jadwal, petugas kembali turun ke lapangan untuk mengamati dan melakukan pemotretan lahan dalam berbagai fase pertumbuhan tanaman  (padi dan jagung) di lokasi di titik koordinatnya.

 

Jumat (18/12), Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono dan Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto melakukan supervisi kegiatan KSA di Desa Gunungsari Kecamatan Kaliori. Bersama-sama dengan petugas KSA, mereka ikut terjun langsung ke sawah untuk memantau fase pertumbuhan padi dan mengamati /menyaksikan langsung proses pemotretan titik amatan. Keseruan berlangsung saat kedua Kepala BPS (Rembang dan Jawa Tengah) tengah asyik memantau petugas untuk memotret titik amatan. Mereka harus “methel-methel” di sawah. Di Rembang kebetulan saat ini sedang musim penghujan, jadi semua area persawahan sebagian besar menjadi berlumpur dan becek. Hmm, untung pakai sepatu boot ya pak...

 

Semoga dengan pendekatan KSA diharapkan mampu menjawab penyediaan data pangan yang akurat dan tepat waktu untuk mendukung perencanaan Program Ketahanan Pangan Nasional.

 

Untuk temen-temen petugas, jaga kesehatan dan keselamatan. #ingatpesanibu, patuhi protokol kesehatan ya. Lindungi diri, keluarga dan juga orang lain. Tetap semangat!

Semoga Covid-19 segera berlalu dari negeri ini. Aamiin.

(Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik