Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral

Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral

November 1, 2019 | BPS Activities


“Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Kini data lebih berharga dari minyak. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan. Hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi”.

Presiden RI, Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2019

 

Melihat penyampaian pidato presiden tersebut menunjukkan betapa pentingnya data. Oleh karena itu semua pihak harus berperan serta dalam mewujudkan data berkualitas, sebagaimana visi Badan Pusat Statistik (BPS), “Pelopor Data Statistik Terpercaya Untuk Semua”.

Dalam upaya membangun sistem pengelolaan data statistik sektoral yang baik, pada tanggal 29 Oktober 2019 BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan “Bimbingan teknis dan pengimplementasian aplikasi SiPeDaSS (Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral)”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Rembang ini diikuti oleh 25 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rembang. Dimana sebagian besar peserta yang hadir adalah kasubbag program dan perencanaan yang menangani data di OPD masing-masing.

Rangkaian acara ini dimulai dengan penyampaian materi “Satu Data Kabupaten Rembang” oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang. Dalam materi tersebut dijelaskan peran dan tugas dari masing-masing elemen untuk mewujudkan satu data Kabupaten Rembang mulai dari Produsen Data, Walidata, dan Pembina Data. Untuk mendukung terwujudnya satu data Kabupaten Rembang akan dibentuk Forum Data Kabupaten Rembang untuk mengkomunikasikan data yang ada. Selain perangkat satu data Kabupaten Rembang, untuk lebih memperkuat pondasi satu data Kabupaten Rembang saat ini sudah disiapkan Peraturan Bupati Kabupaten Rembang yang sudah masuk tahap pembahasan di Bagian Hukum Kabupaten Rembang.

Dalam rangka pengelolaan data statistik sektoral di Kabupaten Rembang, BPS Kabupaten Rembang telah menyiapkan aplikasi SiPeDaSS. Dimana aplikasi SiPeDaSS ini adalah media untuk mengumpulkan data yang dihasilkan oleh semua OPD di Kabupaten Rembang. Dengan aplikasi SiPeDaSS  masing-masing OPD tinggal login sesuai dengan user yang telah diberikan dan mengunggah datanya. Selain itu juga setiap OPD bisa mengusulkan tambahan data apabila ingin menambahkan data yang belum ada pada aplikasi SiPeDaSS. Materi aplikasi Sipedass ini disampaikan oleh sdr. Sukaryo, Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan BPS Kabupaten Rembang.

Setiap OPD mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang tentunya juga menghasilkan data yang beragam. Data sebagai bahan perencanaan dan data sebagai bahan evaluasi diperlukan manajemen data yang baik di masing-masing OPD. Dengan adanya manajemen data yang baik maka ke depannya setiap OPD akan dimudahkan dalam perencanaan dan evaluasi. Materi manajemen data ini disampaikan oleh sdr. Mustaqwiroh, Statistisi Muda BPS Kabupaten Rembang.

Kegiatan sehari yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Rembang diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta dan pesan dari BPS Kabupaten Rembang kepada semua peserta untuk ikut mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Dengan berakhirnya kegiatan ini diharapkan akan membantu OPD dalam pengelolaan data sektoral yang dihasilkan. Sehingga bermanfaat untuk kegiatan perencanaan dan evaluasi di setiap OPD. (ipds17)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia