Refreshing SHPED 2015 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Refreshing SHPED 2015

Refreshing SHPED 2015

3 Februari 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


      Sektor pertanian menjadi sektor dominan terhadap perekonomian Kabupaten Rembang dengan kontribusi sebesar 43,09 persen pada tahun 2013. Tercatat sebanyak 217.850 (46,67 persen) penduduk di Kabupaten Rembang berusia 15 tahun ke atas bekerja pada sektor pertanian (Sakernas 2013). Karenanya, kesejahteraan petani menjadi hal yang menjadi prioritas penting tekait peningkatan kualitas hidup di Kabuapaten Rembang. Salah satu indikator yang dapat digunakan dalam pengukuran tingkat kesejahteraan petani adalah Indeks Nilai Tukar Petani (NTP).

     Data yang digunakan untuk penghitungan NTP adalah data yang diperoleh melalui survei harga perdesaan (SHPed). SHPed dilakukan secara bulanan dengan menggunakan dokumen HKD dan dokumen HD. Dokumen HKD untuk mencatat harga konsumen berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan di wilayah perdesaan, sedangkan dokumen HD untuk mencatat harga produsen berbagai komoditas hasil pertanian dan juga harga eceran barang-barang serta jasa yang merupakan bagian biaya proses produksi pertanian.

      Untuk meningkatkan kualitas data SHPed sebagai implementasi penerapan reformasi birokrasi, pada Selasa, 3 Februari 2015, BPS Kabupaten Rembang mengadakan refreshing Survei Harga Pedesaan (SHPed). Kegiatan Refreshing ini di awali dengan pengarahan Kepala BPS Kab. Rembang yang didampingi oleh Kasubag Tata Usaha dan Kasi Statistik Distribusi dengan menyoroti masalah Reformasi Birokrasi yang saat ini sedang dijalankan oleh semua insane BPS. Seiring dengan berjalannya Reformasi Birokrasi, semua petugas pencacah lapangan diharapkan bisa menyelesaikan tugasny dengan tepat waktu.

      Kegiatan refreshing yang diwarnai dengan banyak diskusi dipimpin oleh Drs. Sumitro, Kepala Seksi Statistik Distribusi, dengan peserta semua KSK (pencacah SHPed) dan staf. Refreshing SHPed berlangsung dari jam 09.30 sampai dengan 12.00, membahas banyak hal dimulai dengan mereview pemahaman SHPed berpegang pada buku pedoman SHPed terbaru. Pembahasan mengenai konsep dan definisi, metodologi dan pengisian daftar menjadi bagian penting yang ditekankan untuk memperoleh data yang konsisten dan bisa dibandingkan antar daerah maupun antar waktu. Pada kesempatan ini juga ditampilkan dan dievaluasi hasil SHPed sampai dengan Januari 2015 dan dilanjutkan dengan diskusi tentang berbagai hal terkait pelaksanaan SHPed.

    Semoga dengan refreshing yang sudah dilaksanakan menjadi stimulus terhadap peningkatan kualitas data SHPed khususnya dan data hasil survei lain pada umumnya. (car)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik