Pelaksanaan Lapangan Survei Kajian Data Pasar Pariwisata Nusantara 2016 di Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelaksanaan Lapangan Survei Kajian Data Pasar Pariwisata Nusantara 2016 di Kabupaten Rembang

Pelaksanaan Lapangan Survei Kajian Data Pasar Pariwisata Nusantara 2016  di Kabupaten Rembang

24 Agustus 2016 | Kegiatan Statistik


Berakhirnya kegiatan Sensus Ekonomi 2016 bukan berarti berakhir semua kegiatan BPS. BPS kembali mengadakan survei Kajian Data Pasar Pariwisata Nusantara 2016 yang merupakan kerjasama antara BPS dengan kementerian pariwisata yang mana data tersebut sanagt dibutuhkan untuk penyusunan rencana dan kebijakan di bidang pariwisata terutama yang terkait dengan perjalanan wisatawan nusantara.

Untuk kegiatan survei ini dilaksanakan secara triwulanan dan kali ini memasuki jadwal updating triwulan II yang cakupan pertanyaaannya menjaring perjalanan wisatawan nusantara di triwulan 1. Sedangkan pencacahan ‘RT Perjalanan’ dilaksanakan pada bulan September tepatnya setelah updating triwulan 1 dan 2 selesai.

Di awal kegiatan updating rumah tangga, pengawas melakukan pendampingan dan evaluasi kinerja ke petugas, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi di lapangan pada saat wawancara ke responden baik terkait konsep definisi, cara pengisian kuesioner maupun kurangnya probing dari petugas sehingga kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi bisa dihindari sedini mungkin.

Kendala yang dihadapi pada saat wawancara ke responden adalah bahwa responden sebagian besar tidak ingat ketika ditanyakan mengenai perjalanan rumah tangga pada saat triwulan 1. Mereka hanya bisa mengingat untuk perjalanan yang baru saja mereka laksanakan di triwulan 2 dan itu justru banyak terjadi di triwulan 2. Walaupun demikian petugas tetap melakukan probing yang mendalam guna menangkap fenomena perjalanan rumah tangga yang di triwulan 1.

Setelah petugas menyelesaikan updating rumah tangga selanjutnya diserahkan kepada pengawas untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilakukan pengolahan data (entri data).

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, mudah-mudahan pelaksanaan survey ini di Kabupaten Rembang dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, dapat terselesaikannya masalah-masalah yang terjadi pada saat pengumpulan data di lapangan yang pada akhirnya bisa tercapai hasil yang optimal dan data yang dihasilkan lebih berkualitas. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik