Survei Industri Mikro Dan Kecil Triwulan I 2017 Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei Industri Mikro Dan Kecil Triwulan I 2017 Kabupaten Rembang

Survei Industri Mikro Dan Kecil Triwulan I 2017 Kabupaten Rembang

17 April 2017 | Kegiatan Statistik


        Survei Industri Mikro dan Kecil (IMK) triwulanan merupakan survei yang dilakukan secara sampel dengan sasaran usaha/perusahaan industri berskala mikro dan kecil yang mempunyai tenaga kerja berkisar antara 1 s.d 19 orang dan dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali dalam setahun. Survei IMK Triwulanan yang diselenggarakan sejak tahun 2011 ini, digunakan sebagai sumber data dalam penghitungan pertumbuhan produksi IMK triwulan. Triwulan I dilaksanakan pada periode Januari-Maret, triwulan II periode April-Juni, triwulan III periode Juli-September, dan triwulan IV periode Oktober-Desember. Tujuan dan manfaat kegiatan adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan profil sektor industri mikro dan kecil secara umum dengan referensi waktu secara triwulanan.

        Pada awal bulan April 2017 dilaksanakan pencacahan sampel Survei IMK triwulan I untuk mendapatkan data pada periode Januari-Maret 2017. Kegiatan survei IMK triwulanan 2017 didahului dengan kegiatan pendaftaran rumah tangga usaha/perusahaan industri mikro dan kecil (listing) pada suatu blok sensus terpilih yang dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Untuk Kabupaten Rembang kegiatan listing survei IMK triwulanan 2017 dilaksanakan pada empat blok sensus terpilih, yaitu di Desa Sambong dan Desa Kenongo Kecamatan Sedan, Desa Pragu Kecamatan Sulang serta Desa Leran Kecamatan Sluke. Berdasarkan hasil listing diperoleh sebanyak 44 usaha/perusahaan sebagai sampel terpilih survei IMK triwulanan 2017 yang akan dikunjungi ulang untuk mendapatkan data/informasi lebih lengkap mengenai biaya produksi dan nilai produksi sesuai dengan kuesioner pencacahan usaha sampel (Daftar VIMK-S). Dan rumah tangga sampel tersebut akan kembali dikunjungi pada pencacahan sampel triwulan berikutnya untuk melihat perkembangan usaha IMK tersebut selama tahun 2017.

        Seperti pada pelaksanaan survei IMK triwulanan sebelumnya, kali ini juga dilaksanakan secara tim dengan pertimbangan cara kerja tim dapat lebih meringankan beban kerja petugas dan diharapkan dapat selesai lebih cepat mengingat jadwal pelaksanaan pencacahan survei IMK tidak begitu panjang yaitu mulai tanggal 1 s.d 11 april 2017 sudah harus selesai. Oleh karena itu petugas harus pandai mengatur waktu agar dapat menyelesaikan seluruh tanggung jawab pekerjaannya baik survei IMK maupun tugas yang lainnya dengan tetap memperhatikan kualitas data yang dihasilkan. Sebagai petugas pencacah (PCL) adalah Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) dan staf sedangkan sebagai pengawas (PML) adalah organik dari seksi statistik produksi.

        Dengan adanya survei ini, diharapkan ketersediaan data dan informasi mengenai pertumbuhan produksi IMK, banyaknya tenaga kerja, pengeluaran untuk tenaga kerja ,struktur input dan output dan informasi lain yang berkaitan dengan usaha industri skala mikro dan kecil.

        Akhirnya, pelaksaksanaan Survei IMK Triwulan I di Kabupaten Rembang berjalan dengan lancar, dan selesai tepat waktu. Dengan pencacahan secara tim dan diawasi oleh PML survei IMK dapat diselesaikan dalam waktu sehari untuk pencacahan lapangan dan masih menyisakan waktu yang cukup untuk pemeriksaan dokumen sebelum dikirim ke BPS Provinsi Jawa Tengah. Kendala-kendala yang terjadi pada saat pengumpulan data dapat diatasi dan data yang dihasilkan tetap mengedepankan kualitas dan akurasi. (Vie)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik