Briefing Petugas Listing Survei Ubinan Subround II 2017 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Briefing Petugas Listing Survei Ubinan Subround II 2017 BPS Kabupaten Rembang

Briefing Petugas Listing Survei Ubinan Subround II 2017 BPS Kabupaten Rembang

21 April 2017 | Kegiatan Statistik


        Salah satu kegiatan rutin BPS yang ada di seksi statistik produksi adalah survei ubinan yang dilakukan secara sampel dalam rangka untuk pengumpulan data produktivitas tanaman pangan (padi dan palawija). Survei ini menerapkan gabungan dua metode yaitu pengukuran langsung pada plot ubinan terpilih dan metode wawancara terhadap petani sampel. Survei ubinan dilaksanakan setiap tahun dalam tiga periode subround, yaitu subround/SR I (periode Januari-April), SR II (periode Mei-Agustus), dan SR III (periode September-Desember). Sehingga sudah menjadi suatu rutinitas menjelang berakhirnya suatu subround maka seksi produksi sudah harus mempersiapkan untuk kegiatan ubinan di subround berikutnya. Diantaranya adalah persiapan kegiatan listing/pendaftaran rumah tangga sesuai alokasi daftar sampel blok sensus (DSBS) dan yang tak kalah pentingnya adalah persiapan alokasi petugas dan juga alokasi dokumen.

        Tahapan kegiatan survei ubinan pada setiap subround diawali dengan kegiatan listing rumah tangga untuk memperoleh daftar nama dan alamat rumah tangga yang lengkap dan mutakhir yang mengusahakan tanaman pangan serta memperoleh data perkiraan bulan panen pada periode subround. Berdasarkan hasil listing tersebut setelah dilakukan pengolahan maka akan dilakukan pengambilan sampel rumah tangga dimana nanti petugas akan melakukan pengukuran langsung produktivitas tanaman pangan pada saat petani tersebut panen.

         Dikarenakan banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan oleh organik BPS pada bulan April ini, sehingga kegiatan listing ubinan yang biasanya dikerjakan olah KSK dan staf untuk SR II 2017 kali ini petugas listing untuk PCL seluruhnya dilaksanakan oleh mitra statistik sedangkan petugas PML adalah staf. Walaupun personel mitra yang dipilih adalah mitra yang sering mengikuti kegiatan di BPS tetapi untuk tetap menjaga kualitas data listing yang dihasilkan maka BPS Kabupaten Rembang mengadakan breifing petugas listing pada tanggal 18 April 2017 di aula BPS Kabupaten Rembang. Breifing diikuti sebanyak 21 orang mitra sebagai PCL dan 9 orang staf sebagai PML dengan instruktur dari seksi satistik produksi. Acara dibuka oleh Drs. Sumitro selaku Kasi Statistik Produksi mewakili Kepala BPS Kabupaten Rembang dan menghimbau agar petugas bisa mengikuti breifing dengan baik sehingga bisa memahami materi yang diberikan instruktur dan dapat melaksanakan kegiatan listing nanti dengan tanggung jawab yang tinggi serta menyelesaikannya sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan.

         Dalam kegiatan breifing instruktur menjelaskan tentang materi survei ubinan sesuai standart operational system (SOP) yang berkaitan dengan konsep dan definisi, prosedur dan tata cara pengisian daftar listing, serta jadwal kegiatannya. Kegiatan juga berlangsung lancar dan cukup komunikatif antara instruktur dan peserta dengan adanya diskusi yang aktif tentang materi yang belum dipahami dan juga berdasarkan pengalaman peserta saat survei di lapangan.

        Dengan adanya kegiatan breifing ini, diharapkan bisa menjadi bekal dan pedoman petugas untuk diterapkan di lapangan serta dapat menyelesaikan tugas pemutakhiran rumah tangga sesuai jadwal dan tetap mengedepankan kualitas dan akurasi data. (Vie)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik