Peduli Sesama dengan Donor Darah - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Peduli Sesama dengan Donor Darah

Peduli Sesama dengan Donor Darah

17 November 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Donor darah merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin BPS Kabupaten Rembang yang diselenggarakan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini merupakan kerjasama BPS Kabupaten Rembang bersama dengan PMI Kabupaten Rembang.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian sosial terhadap sesama dan kepedulian dalam membantu ketersediaan darah bagi masyarakat di Kabupaten Rembang. Tujuan utama kegiatan ini adalah selain membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI juga mendorong gaya hidup sehat orang menjadi sehat apalagi jika mendonorkan darahnya secara teratur.

Sambil mendonorkan darah, sebetulnya seseorang juga dapat sekaligus mengecek kondisi kesehatannya. Tapi sebenarnya donor darah bukan hanya bermanfaat bagi orang lain tapi juga bermanfaat bagi tubuh kita. Saat melakukan donor darah maka sel darah akan diganti dengan sel darah yang baru. Hal tersebut juga akan menyehatkan tubuh kita atau tubuh si pendonor.

Kegiatan donor darah diadakan Jumat, pada tanggal 17 November 2017 di halaman kantor BPS Kabupaten Rembang dan diikuti oleh para pendonor dari pegawai BPS Kabupaten Rembang yang bersedia untuk mendonorkan darahnya. Peserta donor darah kali ini jumlahnya bertambah dibanding sebelumnya. Ini patut diapresiasi karena semangat teman-teman yang ingin mendonorkan darahnya meski ada pegawai yang ditolak untuk mendonorkan darahnya dengan alasan salah satu syarat tidak terpenuhi, yaitu kadar Hemoglobin (HB) nya kurang memenuhi syarat.

Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 jam yang dipandu oleh 2 orang petugas dari PMI Kabupaten Rembang. Peserta yang telah berkontribusi mendonorkan darahnya menerima sepaket makanan/minuman ringan dan vitamin untuk pemulihan kondisi fisik.

Menurut pengakuan petugas PMI Rembang, hasil dari kegiatan donor darah tersebut tentu akan menambah stok persediaan darah di PMI yang nantinya akan distribusikan oleh PMI kepada pihak yang membutuhkan darah. Salah satunya adalah ke pihak Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Rembang.

 Donor darah merupakan kegiatan mulia namun tidak sembarang orang dapat melakukan donor darah. Menurut petugas PMI Rembang, darah yang disumbangkan harus dipastikan tidak akan menyebabkan masalah pada si penerima darah serta tidak membayakan orang yang memberikan darah atau pendonor. Semua darah pendonor yang diterima oleh PMI langsung dicek/dilakukan pemeriksaan melalui teknik pengujian darah untuk mengetahui ada tidaknya kontaminasi penyakit menular yang dapat membahayakan pasien penerima transfusi. Beberapa jenis penyakit menular tersebut adalah penyakit Hepatitis B, Hepatitis C, HIV serta penyakit sipilis (penyakit kelamin). Apabila dalam pengecekan/pemeriksaan darah diidentifikasi mengandung penyakit menular, maka langsung disingkirkan untuk selanjutnya dimusnahkan di dalam incineraror (mesin pembakar limbah medis).

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya secara langsung. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendonor sebelum mendonorkan darahnya, diantaranya :

-    Umur di atas 17 tahun

-    Berat badan cukup

-    Untuk wanita, tidak sedang dalam kondisi menstruasi, menyusui dan hamil

-    Sehat jasmani dan rohani (tidak dalam kondisi sakit maupun stres)

-    Tekanan darah normal ( 60-100 mmHg untuk tekanan darah diastole dan 100-170 mmHg untuk

   tekanan darah sistol)

-    Jarak donor darah (jarak ideal adalah 10 minggu dan boleh dilakukan maksimal 5 kali dalam

     setahun)

-    Denyut nadi teratur (berkisar antara 50-100 kali/menit)

-    Kadar Hemoglobin normal (sekitar >12,5 gr% -17,0 gr%)

-    Tidak mengalami gangguan hemophilia atau pembekuan darah

Semoga kedepannya BPS Kabupaten Rembang masih tetap dapat melaksanakan kegiatan donor darah ini dan harapannya pendonor semakin bertambah lagi. Ayo donor darah!Dengan donor darah selain menyehatkan tubuh dengan darah terbarukan juga dengan setetes darah yang sehat dapat menyelamatkan jiwa manusia. Ini adalah merupakan wujud kepedulian sosial terhadap sesama. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik