BPS Kabupaten Rembang Gelar Sosialisasi Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

BPS Kabupaten Rembang Gelar Sosialisasi Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018

BPS Kabupaten Rembang Gelar Sosialisasi Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018

9 April 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sebagai tahapan persiapan rangkaian kegiatan Survei Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018, BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 pada tanggal 5 April 2018, bertempat di Hotel Gajah Mada, Rembang. Kegiatan ini sebagai upaya mengukur tingkat investasi di daerah, khususnya di wilayah Kabupaten Rembang.

 

Sosialisasi dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI dan dihadiri dari SKPD lingkup Pemda Rembang, pelaku usaha, perbankan dan perwakilan masyarakat Rembang. Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Rembang menjelaskan kepada peserta bahwa pentingnya data PMTB untuk menjadi sebuah alat ukur untuk mengevaluasi kontribusi investor dalam pencapaian pembangunan secara periodik. Istilah PMTB digunakan untuk menggambarkan tingkat investasi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi. Ditambahkan beliau bahwa Survei Disagregasi ini dilakukan dengan harapan dapat memudahkan pemerintah dalam melakukan perencanaan pertumbuhan ekonomi yang lebih detail dan akurat, dan juga memudahkan pemerintah dalam pengalokasian anggaran sesuai target pertumbuhan yang hendak dicapai.

 

Kepala BPS Kabupaten Rembang juga menyampaikan secara detail mengenai kegiatan survei yang akan dilakukan kepada responden mengenai waktu pelaksanaan kegiatan sampai pada tujuan dari hasil survei disagregasi PMTB itu sendiri. Nantinya seluruh sektor institusi akan tercakup dalam kegiatan survei. Mulai dari rumah tangga, pemerintah, perusahaan, hingga lembaga non profit. Dari survei ini nantinya akan akan dihasilkan data akurat tentang pemanfaatan investasi untuk pembentukan modal dan juga dapat diketahui beberapa indikator mengenai investasi menurut institusi, lapangan usaha bahkan jenis komoditi.

 

Dalam acara ini, penyampaian materi dibawakan langsung oleh narasumber pertama yaitu Amirudin, SSi, MMSI (Kepala BPS Kabupaten Rembang) dan narasumber 2 oleh Miyan Andi Irawan, SST, MSE (Kasi Statistik Nerwilis), dengan moderator Isnaini, SST, MM.

 

Sosialisasi ini bertujuan agar informasi dan data PMTB lebih akurat, sehingga pemerintah juga dapat mengetahui bagaimana investasi di berbagai sektor. Dengan data-data ini nantinya Pemkab Rembang menjadi lebih mudah untuk menyasar sektor mana saja yang harus diprioritaskan oleh pemerintah.

 

Dengan adanya potret data yang lengkap dan valid ini akan mendorong investor untuk berinvestasi di wilayah Kabupaten Rembang. Inti dari semua potensi di Kabupaten Rembang adalah kebutuhan akan investasi, karena dengan investasi maka perekonomian akan tumbuh sehingga kesejahteraan masyarakat Rembang perlahan dapat dicapai.

 

Oleh karena itu, di sini Kepala BPS Kabupaten Rembang mengharapkan pelaku usaha dan masyarakat agar dapat membantu kegiatan BPS ini dengan memberikan data yang akurat kepada petugas. Karena dari hasil survei ini nantinya dapat digunakan sebagai langkah awal dalam membangun Indonesia umumnya dan Kabupaten Rembang khususnya.

 

Dan untuk BPS sendiri, dengan adanya survei ini harapannya BPS akan memiliki data base yang yang cukup baik dan valid, sehingga investasi yang akan dilakukan menjadi terarah dan ekonomi akan berkembang ke arah yang lebih baik.

 

Ayo Dukung dan Sukseskan Pelaksanaan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 di Kabupaten Rembang. Bantu BPS dalam membangun bangsa dengan data. Dengan data nantinya akan digunakan dalam merumuskan program-program kerja pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Rembang khususnya. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik