Organization Culture Health Index (OCHI), Sarana Pengukuran Budaya Organisasi - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Organization Culture Health Index (OCHI), Sarana Pengukuran Budaya Organisasi

Organization Culture Health Index (OCHI), Sarana Pengukuran Budaya Organisasi

17 Mei 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


 

(Tahun 2017 yang lalu)

          Organization Culture Health Index (OCHI) adalah program transformasi budaya kerja untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi. Budaya organisasi yang sehat adalah budaya organisasi yang memiliki kekuatan, dimana sebagian besar anggota tim mendukung serta melaksanakan budaya yang telah disepakati. Untuk mengetahui apakah budaya organisasi tersebut sehat atau tidak, maka setiap organisasi perlu melakukan pengukuran budaya organisasi. Akan tetapi selama ini banyak organisasi/perusahaan tidak memiliki metode untuk mengukur budaya organiasi (sesuatu yang intangible).

            Untuk mendapatkan pengukuran budaya organisasi yang tepat dan secara keseluruhan, termasuk untuk setiap unit kerja, Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan program Organization Culture Health Index (OCHI).

            Dari hasil dapat memotret masalah-masalah yang terjadi di BPS dan menjadi bahan untuk perbaikan kedepannya, minimal untuk menentukan program budaya organisasi di BPS untuk 1 (satu) tahun ke depan.

 

(Sekarang tahun 2018)

Mengingat pentingnya OCHI ini, BPS Kabupaten Rembang menindaklanjuti hasil survei OCHI BPS Provinsi Jawa Tengah yang sebelumnya sudah disosialisasikan ke seluruh BPS Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah. Sebagai transfer informasi, maka selanjutnya BPS Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dapat melakukan sosialisasi tersebut di Kab/Kota masing-masing dan untuk melakukan penjajagan kepada pegawai sebagai tindak lanjut Survei OCHI 2017, maka dilakukan Survei Online OCHI (untuk Jawa Tengah).

Selasa, tanggal 15 Mei 2018 Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI menyampaikan sosialisasi OCHI terhadap seluruh pegawai di aula Kantor BPS Kabupaten Rembang, dan setelah sosialisasi OCHI selanjutnya diinstruksikan untuk melakukan survei online OCHI. Dalam survei online OCHI tersebut ada 3 (tiga) item pertanyaan yang harus diisi oleh seluruh pegawai (eselon IV/Staf/KSK).

Semoga dengan angket Survei Online ini, dapat mengidentifikasi lebih lanjut hal-hal agar kedepannya BPS khususnya BPS Provinsi Jawa Tengah semakin maju demi tercapainya budaya organisasi yang lebih sehat. (SR)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik