Pelatihan Petugas Survei Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Survei Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018

Pelatihan Petugas Survei Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018

3 Juli 2018 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan pelatihan petugas Survei Wisatawan Nusantara (Wisnus) tahun 2018 tanggal 2 Juli 2018 di Aula BPS Kabupaten Rembang.

Kasi Statistik Distribusi, Winarso, SST selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa survei Wisnus tahun ini merupakan kelanjutan dari survei Wisnus  tahun 2017.

Survei ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai karakteristik Wisatawan Nusantara (Wisnus) atau penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan di wilayah Indonesia secara umum dan khususnya untuk memperoleh informasi/data berapa banyak wisatawan yang masuk atau datang di Kabupaten Rembang serta informasi lainnya yang terkait dengan perjalanan domestik. Disamping itu juga untuk mengetahui pola perjalanan serta rata-rata pengeluaran/konsumsi wisnus.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas lapangan terkait tujuan kegiatan dan konsep-konsep yang digunakan agar data yang dihasilkan dapat mencerminkan potret Wisatawan Nusantara.

Pelatihan yang diikuti oleh staf dan mitra statistik, dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018 merupakan kegiatan kerjasama antara BPS dengan Kementerian Pariwisata. Sebelumnya, pendataan Wisnus dicakup dalam Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), namun sejak tahun 2016 Kementerian Pariwisata dan BPS melakukan kerjasama untuk melakukan pendataan ekslusif tentang profil Wisnus dan jumlah penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan.

Beliau berharap agar peserta mengikuti pelatihan dengan serius, benar-benar dapat memahami materi yang diajarkan instruktur, agar materi atau konsep definisi yang disampaikan oleh instruktur dapat terserap dengan maksimal,  sehingga pada saat di lapangan nantinya petugas dapat berkomunikasi dengan responden sehingga responden dapat memberikan data dengan benar dan apa adanya. Beliau juga berpesan kepada para petugas bahwa pada saat pengumpulan data di lapangan diharapkan jangan sampai ada petugas yang memanipulasi data (moral hazard ).

Sebelum membuka acara pelatihan, 4 (empat) hal pesan pimpinan kepada petugas adalah agar petugas memahami teori, mematuhi jadwal yang sudah ditentukan, melakukan pendataan dengan menemui responden langsung dan tetap menjaga kualitas data yang dihasilkan.

Pelatihan dipandu oleh Instruktur Daerah, Winarso, SST yang merupakan  Kasi Statistik Distribusi BPS Kabupaten Rembang. Semoga pelatihan Wisnus 2018 di Kabupaten Rembang berjalan dengan lancar dan dengan berbekal materi, harapannya petugas dapat melaksanakan pendataan di lapangan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).  (SR)

 

 

… Sukseskan Wisnus 2018 …

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik