Evaluasi Penghitungan Luas Panen dengan Metode KSA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Evaluasi Penghitungan Luas Panen dengan Metode KSA

Evaluasi Penghitungan Luas Panen  dengan Metode KSA

13 Desember 2018 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Penghitungan Luas Panen Metode KSA Tahun 2018. Acara dilaksanakan Rabu tanggal 12 Desember 2018 di Hotel Fave Rembang dimulai pada pukul 08.30 WIB dan diikuti oleh seluruh petugas KSA.

Dalam hal ini Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA memberikan arahan sekaligus membuka acara tersebut. Sedangkan penyampaian materi dibawakan oleh Kasi Statistik Produksi, Drs. Sumitro.

KSA sendiri merupakan metode terbaru BPS dalam rangka pengumpulan data pertanian. Metode KSA digunakan untuk peramalan luas panen yang akurat dan up to date dibandingkan metode yang dipakai sebelumnya yaitu eye estimate, dimana dengan metode lama ini memiliki kekurangan yaitu rendahnya akurasi dan waktu pengumpulan data yang cukup lama.

Metode KSA ini menggunakan aplikasi yang diunduh pada HP berbasis android dan mengandalkan GPS dalam pengambilan titik amatan. Jadi petugas dapat mengamati kondisi dan memotret lahan pada berbagai fase pertumbuhan tanaman padi di lokasi titik koordinatnya.

Semoga dengan metode KSA ini upaya perbaikan data pangan dapat dilakukan sehingga ke depannya menghasilkan data pertanian yang lebih baik, akurat dan berkualitas. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik