Survei Tahunan Perusahaan Industri Manufaktur - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei Tahunan Perusahaan Industri Manufaktur

Survei Tahunan Perusahaan Industri  Manufaktur

10 Juni 2020 | Kegiatan Statistik


Sektor industri merupakan sektor yang berperan di dalam perekonomian Indonesia, hal ini ditandai dengan kontribusinya yang sejak tahun 1991 menempati peringkat pertama dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB).

 

Untuk keperluan penghitungan angka PDB tersebut, angka dari sektor industri diperoleh dari hasil survei tahunan perusahaan industri manufaktur yang termasuk golongan industri besar dan sedang di seluruh wilayah Republik Indonesia.

 

Di Kabupaten Rembang, kontribusi nilai tambah industri manufaktur dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masih cukup dominan. Untuk itu pengembangan sektor ini perlu terus dilakukan karena selain dapat meningkatkan nilai tambah juga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

 

Peranan industri manufaktur khususnya skala besar dan sedang dalam pembentukan PDRB Rembang terhadap PDRB total, sektor industri telah menyumbang sekitar 23,10% pada tahun 2019. Sektor ini penyumbang kedua terbesar setelah sektor pertanian. Industri manufaktur banyak didukung oleh kinerja beberapa jenis industri, diantaranya adalah industri pengolahan makanan minuman dan tembakau. Hal ini dapat dipahami mengingat terdapat sumber daya yang mendukung. Diantaranya adalah Kabupaten rembang memiliki wilayah perairan laut yang menghasilkan komoditas perikanan tangkap yang menjadi input industri pengolahan ikan. Disamping jenis industri tersebut, Rembang juga termasuk salah satu sentra industri Batik yang terpusat di Kecamatan Lasem.

 

Data yang dikumpulkan dalam kegiatan Survei tahunan ini mencakup : direktori industri manufaktur yang memuat nama dan alamat perusahaan, tenaga kerja, upah/gaji yang diterima pekerja, biaya input, nilai output, nilai tambah, pemakaian bahan baku dan penolong, banyaknya dan nilai jenis barang yang diproduksi, persentase kapasitas dan penambahan/pengurangan barang modal tetap.

 

Tujuan survei ini adalah untuk menyediakan data dan informasi statistik industri besar dan sedang yang lengkap, akurat, relevan dan tepat waktu untuk bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan khususnya di sektor industri manufaktur.

 

Petugas pengumpul data di lapangan adalah organik BPS yaitu Koordinator Statistik Kecamatan (KSK), sedangkan pengawas berasal dari Kasi dan Staf seksi Produksi. Jumlah sampel Industri Manufaktur di kabupaten Rembang sebanyak 65 perusahaan dan jadwal lapangan mulai bulan Mei-Juli 2020. Sebelum pencacahan sampel, sebelumnya sudah dilakukan updating survei tersebut pada bulan Februari-April 2020.

Tujuan survei ini adalah untuk menyediakan data dan informasi statistik industri besar dan sedang yang lengkap, akurat, relevan dan tepat waktu untuk bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan khususnya di sektor industri manufaktur.

Petugas pengumpul data di lapangan adalah organik BPS yaitu Koordinator Statistik Kecamatan (KSK), sedangkan pengawas berasal dari Kasi dan Staf seksi Produksi.

 

Sama seperti survei-survei lainnya, dalam pengumpulan data di lapangan, petugas menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer, memakai masker dan jaga jarak aman dengan responden. Semoga para petugas lapangan tetap diberi kemudahan dan keselamatan dalam menyelesaikan pekerjaan ini dan tetap semangat yaa.  (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik