Survei-survei Neraca Tahunan 2020 (SMAK, SKPSPPI, dan SKPS) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei-survei Neraca Tahunan 2020 (SMAK, SKPSPPI, dan SKPS)

Survei-survei Neraca Tahunan 2020 (SMAK, SKPSPPI, dan SKPS)

21 Agustus 2020 | Kegiatan Statistik


Bulan Juli-Agustus 2020 BPS Kabupaten Rembang melaksanakan beberapa survei dari seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik (Nerwilis), diantaranya survei Survei Matriks Arus Komoditas (SMAK), survei Survei Khusus Studi Penyusunan Perubahan Inventori (SKSPPI) dan Survei Khusus Perusahaan Swasta non-finansial (SKPS).


SMAK

Tujuan dari SMAK adalah untuk menghasilkan struktur ekspor-impor antarwilayah menurut komoditas (KBKI) dan menyusun matriks arus komoditas. Dengan demikian akan didapatkan gambaran tentang transaksi ekspor-impor antarprovinsi untuk komoditas yang dominan di suatu daerah dan diperdagangkan ke luar daerah. Dari SMAK ini juga diperoleh informasi mengenai produk unggulan baik dari kabupaten asal maupun kabupaten lain. Wilayah yang dicakup di SMAK tidak hanya ekspor-impor antar kabupaten saja, namun dari dan menuju provinsi lain maupun luar negeri. 

 

Data yang dikumpulkan dalam survei ini yaitu karakteristik usaha/perusahaan, pendapatan/pengeluaran produksi, asal bahan baku, serta tujuan penjualan hasil produksi.

 

Perlu diketahui bahwa ekspor-impor antar wilayah tersebut merupakan komponen dalam pembentukan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) menurut pengeluaran. Jumlah sampel di kabupaten Rembang sebanyak 25 perusahaan/unit usaha.

 

 

SKSPPI

Bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kuantitas dan posisi nilai inventori/persediaan pada awal tahun dan akhir tahun; memperoleh data inventori, pola dan strukturnya menurut karakteristik, jenis dan klasifikasi lapangan usaha.

Di Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan/unit usaha.

 

SKPS

Bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai karakteristik korporasi/perusahaan swasta non-finansial; mengumpulkan data hasil transaksi usaha perusahaan swasta non-finansial melalui laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari Laporan Laba/Rugi dan Neraca Akhir Tahun.

Di Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan.

 

Ketiga jenis survei tersebut dikerjakan oleh 3 orang mitra BPS Kabupaten Rembang. Dan selama pengumpulan data di lapangan petugas tetap menerapkan protokol kesehatan.  

(Jq)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik