Survei LNPRT Tahunan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei LNPRT Tahunan

Survei LNPRT Tahunan

2 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) merupakan lembaga non profit yang melayani anggotanya atau rumah tangga, serta tidak dikontrol oleh pemerintah. LNPRT ini merupakan salah satu komponen dalam PDRB Pengeluaran.

 

Survei ini bertujuan untuk memperoleh indikator pendapatan dan pengeluaran LNPRT serta pola konsumsi LNPRT tahunan yang digunakan dalam penyusunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pertumbuhan ekonomi.

 

Peranan konsumsi akhir LNPRT dalam PDRB menurut pengeluaran di Kabupaten Rembang masih sangat kecil dibandingkan dengan komponen pengeluaran lainnya, yaitu hanya sekitar 1,5%.

Lembaga-lembaga yang memberikan andil terhadap PKLNPRT adalah organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi sosial, organisasi profesi, perkumpulan sosial, LSM, lembaga keagamaan dan organisasi bantuan kemanusiaan.

 

Selama periode 2016-2019, Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (PKLNPRT) atas dasar harga konstan di Kabupaten Rembang terus meningkat. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada tahun 2019 yaitu sebesar 10,25 persen dibandingkan komponen lain. Hal ini terjadi karena bertepatan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi (pemilihan wakil rakyat, kepala daerah dan kepala desa serentak) yang otomatis mendorong peningkatan konsumsi lembaga ormas, parpol , LSM dan lembaga lainnya.

 

Apakah di tahun ini pertumbuhan PKLNPRT masih akan mengalami peningkatan seiring dengan adanya Pilbup/Wabup di Kabupaten Rembang yang akan digelar akhir tahun ini? apakah dampak pandemi covid-19 juga akan mempengaruhi pertumbuhan LNPRT di Kabupaten Rembang?  (Jq)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik