Training of Survey Officers Completion of Farmers' Exchange Rate (SPDT-NTP) 2017 - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Training of Survey Officers Completion of Farmers' Exchange Rate (SPDT-NTP) 2017

Training of Survey Officers Completion of Farmers' Exchange Rate (SPDT-NTP) 2017

September 27, 2017 | BPS Activities




Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia, yaitu sekitar 31,86 persen (data Sakernas Februari 2017) tenaga kerja diserap oleh sektor tersebut. Hal ini mencerminkan bahwa sektor pertanian masih menjadi tumpuan bagi penduduk Indonesia dengan sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2016 sebesar 13,45 persen.

         Oleh karena itu dibutuhkan suatu indikator yang dapat mengukur kemampuan daya beli petani sebagai salah satu pelaku utama di sektor pertanian. Salah Satu pendekatan untuk mengukur indikator daya beli petani / tingkat kesejahteraan di daerah pedesaan adalah Nilai Tukar Petani (NTP).

         NTP merupakan perbandingan indeks harga komoditas pertanian yang diproduksi oleh petani terhadap indeks harga barang/jasa yang dibayar petani untuk keperluan konsumsi rumah tangga dan biaya produksi. Bahan dasar dalam penghitungan NTP adalah diagram timbang dan paket komoditas yang diperoleh dari hasil Survei Penyempurnaan Diagram Timbang (SPDT). Untuk mendapatkan diagram timbang yang sesuai dengan kondisi saat ini, BPS Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan petugas survei penyempurnaan diagram timbang nilai tukar petani. Diselenggarakannya pelatihan ini bertujuan agar seluruh petugas lapangan dan pengolah data memiliki dan memahami konsep dan definisi serta tata cara pengisian kuesioner yang akan digunakan dalam pelaksanaan lapangan SPDT NTP 2017.

    Pelatihan petugas SPDT NTP 2017di Jawa Tengah dilaksanakan di beberapa TC di Jawa Tengah. Salah satunya adalah di Training Center (TC)  Semarang, yaitu di Hotel Pandanaran. Pelatihan diselenggarakan  di 2 (dua) gelombang yaitu Gelombang I tanggal 17-20 September 2017 dan Gelombang II tanggal  22-25 September 2017. Peserta pelatihan berasal dari beberapa kab/kota di Jawa Tengah. Salah satunya adalah dari Kabupaten Rembang. Untuk peserta dari Kabupaten Rembang sebanyak 15 orang petugas, dimana 11 orang sebagai PCS yang seluruhnya dari mitra statistik dan 4 orang sebagai PMS (organik BPS Rembang). Sebanyak 12 orang petugas (11 PCS dan 1 PMS) mengikuti pelatihan di gelombang I dan sebanyak 3 orang (PMS) pelatihan di gelombang II.

Di TC. Hotel Pandanaran, Pembukaan pelatihan gelombang I dibuka langsung oleh Kabid IPDS BPS Provinsi Jawa Tengah, Marsudijono, S.Si, MM dan di gelombang II dibuka oleh Kabag Tata Usaha, Atas Parlindungan Lubis, S.Si, M.Si.

Dalam sambutannya, Kabag Tata Usaha BPS Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa hasil pendataan SPDT NTP ini akan digunakan sebagai suatu paket komoditas dan nilai penimbang tahun dasar dalam penyusunan NTP selama 5 tahun ke depan. Sehingga diharapkan data yang dihasilkan menunjukkan nilai pengeluaran dan pendapatan yang sesuai dengan karakteristik rumah tangga dan subsektornya. Beliau juga mengharapkan kepada seluruh petugas SPDT-NTP 2017 untuk senantiasa bekerja secara benar dan optimal di lapangan, agar nantinya data yang dihasilkan dapat mencerminkan kondisi lapangan yang sebenarnya dan tentunya kualitas data tetap menjadi tolok ukur dalam pendataan survei ini.

Semoga dengan pelatihan ini akan menjadi bekal dan pedoman bagi petugas yang nantinya dapat diterapkan di lapangan. Harapannya semoga pelaksanaan pendataan SPDT-NTP 2017 di Jawa Tengah dan di Kabupaten Rembang khususnya dapat berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan data yang dihasilkan nantinya dapat bermanfaat bagi pemerintah dalam mengukur tingkat kesejahteraan petani. (SR)

 

TETAP SEMANGAT dan salam PIA…

 

 


Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia