Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, Langkah Awal Untuk Membangun Data Perekonomian Yang Berkualitas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, Langkah Awal Untuk Membangun Data Perekonomian Yang Berkualitas

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, Langkah Awal Untuk Membangun Data Perekonomian Yang Berkualitas

9 April 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Salah satu alat ukur untuk melihat pencapaian pembangunan perekonomian adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). PDRB memberi gambaran seberapa besar nilai tambah yang tercipta dari setiap sektor ekonomi dan pertumbuhan tiap tahunnya. Dari data PDRB Kabupaten Rembang 2014, perekonomian Kabupaten Rembang di dominasi oleh sektor pertanian, dengan kontribusi sebesar 30,23 persen. Dengan demikian, andil sektor non pertanian sebesar 69,77 persen.

Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang tak hentinya melakukan pengembangan semua sektor ekonomi yang ada untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya sektor non pertanian. Di antaranya, sekarang ini sedang di jajagi pembangunan pabrik konveksi yang diharapkan menyerap tenaga kerja hingga 8 ribu pekerja dan pengembangan sektor pariwisata dengan melibatkan tenaga ahli/konsultan di bidang terkait.

Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) menjadi satu momen yang pas untuk memperbaiki dan mendapatkan seluruh data potensi ekonomi yang dipunyai. Hasil SE2016 diharapkan menghasilkan potret perekonomian secara riil di Kabupaten Rembang, dan mejadi satu-satunya data rujukan (ONE DATA) untuk perencanaan kebijakan perekonomian di masa mendatang. Mengingat betapa strategisnya hasil SE2016 untuk perbaikan ekonomi masyarakat, BPS Kabupaten Rembang melaksanakan “Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016” pada 1 April 2016 yang lalu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggelorakan semangat SE2016 dan menyebarluaskan informasi mengenai pelaksanaan SE2016 ke semua pihak. Tentunya dengan harapan bahwa pada akhirnya semua elemen mansyakat memiliki awareness dan berperan aktif untuk menyukseskan SE2016.

Acara yang di helat di aula kantor Bappeda Kabupaten Rembang, di hadiri oleh oleh SKPD terkait termasuk camat se-Kabupaten Rembang, pelaku usaha dan ketua perkumpulan/asosiasi usaha. Mengawali sosialisasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang, Hari Susanto, menyambut baik kegiatan SE2016 di Kabupaten Rembang yang hasilnya akan memberikan gambaran usaha mikro, kecil, menengah dan besar dari usaha/perusahaan non pertanian sampai wilayah administrasi terkecil (small area statistics). Hal ini akan sangat membantu perencanaan pembangunan di Kabupaten Rembang. Tak lupa, Sekda Kabupaten Rembang menghimbau kepada SKPD, pelaku usaha dan masyarakat untuk bahu membahu mengerahkan semua potensi yang ada untuk kelancaran pelaksanaan SE2016. Karena pada hakekatnya SE2016 bukan hanya tugas BPS, tetapi tugas semua komponen bangsa dengan berbagai bentuk partisipasinya.

Paparan mengenai kegiatan SE2016 disampaikan secara gamblang oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Muh. Saichudin. Penjelasan yang disampaikan diantaranya meliputi; gambaran umum mengenai SE2016, maksud dan tujuan, cakupan usaha dan aktivitasnya, metodologi, organisasi lapangan, manfaat dan contoh pemanfaatan hasil Sensus Ekonomi. Dalam kesempatan yang baik tersebut, juga di jelaskan secara singkat tentang BPS yang telah melaksanakan reformasi birokrasi dengan core value-nya, yaitu: Profesional, Integritas dan Amanah. Paparan diakhiri dengan pemberian informasi tentang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Antusiasme dari peserta tampak dari kesungguhan mereka dalam mengikuti setiap penjelasan dari Kepala BPS Kabupaten Rembang. Dari instansi yang datang, mereka menginformasikan data yang mereka miliki untuk pemanfaatan yang lebih luas di masa mendatang. Sedangkan dari perkumpulan dan asosiasi, siap memberikan informasi tentang sensus ekonomi kepada pelaku usaha yang lain dan siap memberikan data yang diminta oleh petugas sensus ekonomi Mei mendatang. Singkatnya, mereka secara formal maupun non formal siap memberikan bantuan dan dukungan terhadap pelaksanaan SE2016 mendatang.

Semoga dengan sosialisasi yang terus dilakukan oleh BPS Kabupaten Rembang melalui berbagai media, akan membuat pelaksanaan SE2016 di Kabupaten  Rembang akan lancar dan memenuhi harapan tinggi dari semua pihak.

MARI DUKUNG DAN SUKSESKAN SE2016, untuk ekonomi Indonesia umumnya dan Kabupaten Rembang khususnya yang lebih baik. (CAR).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik