Pelatihan Petugas: Survei Struktur Ongkos Usaha Tanaman Pangan dan Peternakan (SOUT 2017) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas: Survei Struktur Ongkos Usaha Tanaman Pangan dan Peternakan (SOUT 2017)

Pelatihan Petugas: Survei Struktur Ongkos Usaha Tanaman Pangan dan Peternakan (SOUT 2017)

27 Maret 2017 | Kegiatan Statistik


Pembangunan di sektor pertanian selain bertujuan meningkatkan produksi pertanian juga untuk meningkatkan kesejahteraan rumah tangga pertanian. Subsektor pada sektor pertanian yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan protein masyarakat adalah subsektor tanaman pangan dan peternakan. Untuk itu diperlukan data yang dapat menggambarkan struktur ongkos usaha, profil rumah tangga dan kondisi sosial ekonomi rumah tangga usaha tanaman pangan dan peternakan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan data tersebut dilakukan Survei Struktur Ongkos Usaha Tanaman Pangan dan Peternakan tahun 2017 (SOUT 2017).

Pendataan Survei SOUT dilaksanakan 3 tahun sekali dimana pelaksanaan terakhir pada tahun 2014 lalu. SOUT 2017 merupakan titik lanjut dari hasil Sensus Pertanian 2013. Hanya saja SOUT 2017 lebih menekankan pada struktur ongkos dari usaha sektor tanaman pangan dan peternakan.

Tujuan pelaksanaan SOUT 2017:

  • mendapatkan data statistik yang akurat tentang subsektor tanaman panagan dan peternakan berupa gambaran yang jelas tentang struktur ongkos usaha rumah tangga tanaman pangan dan peternakan di Indonesia
  • Mendapatkan data mengenai profil pengusahaan tanaman pangan dan peternakan
  • Mendapatkan data mengenai keadaan sosial ekonomi rumah tangga usaha tanaman pangan dan peternakan

               SOUT 2017 dilakukan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Cakupan komoditas tanaman pangan meliputi 8 (delapan) komoditas, yaitu padi sawah, padi ladang, jagung, kdelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Sementara itu, cakupan komoditas peternakan meliputi 12 (dua belas) hewan ternak, yaitu kerbau, sapi perah, sapi potong, babi, domba, kambing, ayam kampung, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, itik, itik manila dan kelinci potong.

Guna mempersiapkan pelaksaan di lapangan nantinya, maka dilakukan pelatihan terhadap calon petugas SOUT 2017. Pelatihan petugas SOUT 2017 di Jawa Tengah terbagi menjadi 6 (enam) TC, yaitu TC Banyumas, Magelang, Surakarta, Pati, Semarang, dan Pemalang.

Untuk TC. Pati peserta berasal dari Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan Blora. Pelatihan diselenggarakan  di Hotel Safin, Pati sebanyak 2 gelombang yaitu tanggal 14-18 Maret 2017 (Gelombang i) dan tanggal 19-23 Maret 2017 (Gelombang II).

Untuk Kabupaten Rembang jumlah peserta pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari organik sebanyak 25 orang dan 15 orang dari Mitra Statistik. Jumlah PML  sebanyak 10 orang dan PCL 30 orang. Peserta pelatihan terbagi di 2 (dua) gelombang. Gel I dan II masing-masing sebanyak 20 orang peserta. Pembukaan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Pati, Drs. Manggus Suryono. Dalam sambutannya beliau sangat mengharapkan kepada calon petugas SOUT 2017 agar dalam menjalankan tugas nantinya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu, sesuai SOP dan tetap menjaga kualitas. Di samping itu juga para petugas harus memahami materi pelatihan, baik terkait konsep definisi, metodologi dan cara pengisian kuesioner  yang baik dan benar sesuai yang sudah diajarkan oleh instruktur.

Semoga materi yang disampaikan instruktur pada saat pelatihan dapat menjadi bekal dan pedoman bagi peserta yang nantinya bisa diterapkan di lapangan dan diharapkan saat pelaksanaan SOUT 2017 dapat mencapai hasil yang optimal, tepat waktu dan berjalan dengan lancar serta menghasilkan data yang berkualitas.  (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik