Briefing Petugas Kegiatan Survei-Survei Neraca Tahun 2017 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Briefing Petugas Kegiatan Survei-Survei Neraca Tahun 2017

Briefing Petugas Kegiatan Survei-Survei Neraca Tahun 2017

25 April 2017 | Kegiatan Statistik


 Briefing Kegiatan Survei-Survei Neraca 2017

      Memasuki awal tahun 2017, BPS kembali akan melaksanakan kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin dari seksi Nerwilis. Periode survei tersebut ada yang triwulanan dan ada yang tahunan. Untuk kegiatan survei yang triwulanan pada saat ini sudah memasuki triwulan pertama yaitu kondisi pencacahan pada bulan April. Survei-survei tersebut diantaranya: survei SKKRT (triwulanan), SKLNP (triwulanan dan tahunan), SKTNP-B (triwulanan), SKPS, SKSJ, SKSPPI, Updating Direktori LNP.

        Seiring dengan Reformasi Birokrasi, setiap survei maupun sensus yang dilaksanakan harus menghasilkan data dan informasi statistik yang berkualitas. Dengan demikian kepercayaan para pengguna data akan meningkat dan data yang dihasilkan nantinya dapat diakses oleh siapapun dengan mudah dan cepat.

        Guna peningkatan kualitas data dari setiap survei/sensus yang dihasilkan tentu tidak terlepas dari peran para petugas di lapangan. Dan sebelum pelaksanaan lapangan, dilakukan pembekalan/briefing/pelatihan kepada para petugas.

        Demikian halnya untuk kegiatan survei-survei Neraca pada tahun 2017 juga dilakukan briefing petugas. Petugas berasal dari organik BPS Kabupaten Rembang (Staf dan KSK). Briefing dimaksudkan untuk merefresh atau mengingatkan kembali akan konsep definisi dan materi-materi yang ada di kuesioner serta tata cara pengisian kuesioner yang mungkin oleh petugas sudah lupa atau bahkan sebelumnya ada yang belum pernah sama sekali menjadi petugas survei dimaksud.

        BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan briefing petugas survei-survei kegiatan Neraca 2017 selama 1 (satu) hari yang dilaksanakan pada tanggal 4 April 2017 di Aula Kantor BPS Kabupaten Rembang. Peserta briefing sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 orang KSK, dan 9 orang staf. Rata-rata setiap petugas mengerjakan 2-3 sampel responden (rumahtangga/perusahaan/unit usaha).

        Briefing dipandu oleh Kepala Seksi Nerwilis Kabupaten Rembang, Miyan Andi Irawan, SST, M.SE,. Selama briefing disampaikan materi-materi terkait survei-survei dimaksud seperti konsep definisi, metodologi, cara pengisian kuesioner, dan SOP kegiatan yang digunakan dalam survey ini. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi-diskusi.


Briefing SKTIR 2017


        Pada waktu yang berbeda juga dilaksanakan briefing petugas Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumahtangga (SKTIR) 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 di Aula Kantor BPS Kabupaten Rembang. Briefing dipandu oleh Miyan Andi Irawan, SST, M.SE, Kasi Nerwilis BPS Kabupaten Rembang. Survei ini sedikit berbeda dari survei-survei lain, dimana pada survei ini lebih banyak menanyakan tentang pendapatan dan pengeluaran rumahtangga, tabungan rumahtangga, pembentukan modal rumahtangga dan transaksi keuangan rumahtangga. Rincian demi rincian dibahas dalam briefing ini.

        Dengan adanya briefing untuk berbagai survei di seksi Nerwilis ini diharapkan para petugas nanti dapat dengan mudah melaksanakan pengumpulan data di lapangan tanpa adanya kendala, berjalan dengan lancar, tepat waktu dan dapat menghasilkan output /outcome yang baik. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik