Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2017 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2017 BPS Kabupaten Rembang

Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2017 BPS Kabupaten Rembang

28 September 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Tepat pada tanggal 26 September 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) seluruh Indonesia secara serentak memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2017 dengan melakukan upacara apel Hari Statistik Nasional (HSN). Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI memimpin langsung jalannya apel HSN di halaman Kantor BPS Kabupaten Rembang. Apel HSN dimulai tepat pada pukul  07.30 WIB yang diikuti seluruh karyawan BPS Kabupaten Rembang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan para pensiunan BPS Kabupaten Rembang.

Hari Statistik Nasional (HSN) bukan merupakan hari ulang tahun  BPS melainkan hari diundangkannya UU No. 7 Tahun 1960 tentang statistik sehingga Hari Statistik Nasional bukan hanya milik insan BPS tetapi diciptakan untuk masyarakat. Semua masyarakat turut terlibat dalam mengupayakan terwujudnya data yang berkualitas.

Kepala BPS Kabupaten Rembang membacakan sambutan Kepala BPS RI, Dr. Suhariyanto yang pada intinya bahwa membangun data itu mahal, namun membangun tanpa data itu lebih mahal. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya peranan data dalam pembangunan. Data statistik memang bukan segala-galanya, namun tanpa data kita akan kehilangan segala-galanya.

Peringatan HSN mengusung tema ‘’Kerja Bersama dengan Data’’  yang merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya. Kerja bersama sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap kementerian/lembaga termasuk pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk memenuhi indikator SDGs dan mengintegrasikannya dalam berbagai perencanaan program pembangunan dan kebijakan di masing-masing instansi.

Kepala BPS RI mengajak seluruh jajaran BPS baik di pusat maupun daerah untuk terus menjaga independensi BPS sampai kapanpun, di bawah tekanan seberat apapun, dan menjadikan BPS sebagai lembaga yang disegani, lembaga yang tidak bisa diintervensi. Beliau juga menekankan bahwa data BPS bukan untuk menyenangkan pihak-pihak tertentu. Data BPS harus betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku dan sesuai dengan standard internasional. Di akhir kata sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas semua kontribusi dan pengorbanan yang sudah diberikan untuk BPS,  semoga dapat menjadi amal ibadah kita semua untuk menjadi manusia yang lebih baik dan memberikan kebaikan serta manfaat bagi sesama, seperti pepatah Jawa yang mengatakan “Urip sejatine gawe urup”,  yang artinya hidup seharusnya memberi kehidupan yang baik bagi sekitarnya.

Usai apel HSN, acara selanjutnya adalah sarasehan dengan seluruh karyawan BPS Kabupaten  Rembang, DWP dan para pensiunan di aula BPS Kabupaten Rembang, yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang. Usai sarasehan selanjutnya dilakukan pemotongan nasi tumpeng dan makan bersama. Meski dalam suasana sederhana, namun peringatan HSN kali ini diharapkan mampu menyatukan langkah irama untuk bersama-sama mewujudkan BPS terpercaya dalam data, statistik untuk bangsa dan BPS berkualitas. Semua harus siap berubah untuk BPS yang lebih baik.  (SR)

 

----- Salam HSN 2017 -----

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik