Pelaksanaan Listing Rumah Tangga Survei Wisnus 2018 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelaksanaan Listing Rumah Tangga Survei Wisnus 2018 BPS Kabupaten Rembang

Pelaksanaan Listing Rumah Tangga Survei Wisnus 2018 BPS Kabupaten Rembang

9 Juli 2018 | Kegiatan Statistik


Survei Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018 adalah survei rutin BPS, yang merupakan kelanjutan dari Survei Wisnus tahun 2017. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengumpulkan data mengenai wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan di wilayah Indonesia dan profil wisnus, seperti karakteristik demografi, pola perjalanan, serta rata-rata pengeluaran/konsumsi wisnus.

Meskipun Wisnus tidak mendatangkan devisa bagi negara, naun tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama kemampuannya dalam menggerakkan perekonomian negara melalui peningkatan konsumsi rumah tangga. Perjalanan yang dilakukan wisnus mampu menghidupkan sektor angkutan, perhotelan, industri kreatif dan lain sebagainya.

Wisatawan Nusantara (Wisnus) 2018 merupakan kegiatan kerjasama antara BPS dengan Kementerian Pariwisata. Sebelumnya, pendataan Wisnus dicakup dalam Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), namun sejak tahun 2016 Kementerian Pariwisata dan BPS melakukan kerjasama untuk melakukan pendataan ekslusif tentang profil Wisnus dan jumlah penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan.

Setelah tahap awal yaitu pelatihan petugas, selanjutnya tahapan pemutakhiran rumah tangga hasil listing. Pada tahapan ini akan dilakukan pengecekan keberadaan rumah tangga dan menanyakan tentang perjalanan pada triwulan I dan II. Jadwal Listing rumah tangga triwulan I dan II mulai 2 - 14 Juli 2018.

Di kabupaten Rembang jumlah sampel Wisnus pada triwulan I dan II masing-masing sebanyak 18 blok sensus sehingga total sampel sebanyak 36 blok sensus, dengan petugas sebanyak 21 orang (16 orang PCS dan 5 orang PMS). Setiap PCS mengerjakan 3-4 blok sensus dan setiap PMS membawahi 2-3 orang PCS.

Yang perlu diperhatikan oleh petugas adalah jadwal listing. Diharapkan dengan jadwal yang kurang lebih 2 minggu ini pelaksanaan listing dapat selesai tepat waktu. Karena apabila 1 blok sensus saja belum selesai (misal di satu kabupaten), maka secara nasional belum dapat dilakukan penarikan sampel. Jadi Listing harus selesai semua baru dapat dilakukan penarikan sampel.

Kendala yang ditemui petugas pada saat listing adalah responden kesulitan untuk mengingat apakah melakukan perjalanan di triwulan I (Januari-Maret) atau tidak. Dengan kondisi sekarang sudah memasuki awal triwulan III, jadi responden sudah lupa dan kalaupun ingat itupun harus kita lakukan probing yang lebih mendalam. Bisa dipastikan banyaknya rumahtangga/ART yang melakukan perjalanan di triwulan I lebih sedikit dibanding triwulan II. Pada triwulan II bisa dipastikan akan mendapatkan banyak rumahtangga/ART yang melakukan perjalanan, karena di triwulan II adanya faktor libur panjang sekolah, puasa dan libur hari raya. Jadi kemungkinan rumahtangga banyak yang melakukan perjalanan baik itu ke obyek wisata komersial,  perjalanan dengan jarak tempuh lebih dari 100 km pp dan menginap di akomodasi komersial.

Di samping kendala di atas, kendala lainnya adalah responden tidak dapat ditemui karena alasan bekerja dan pulang sore/malam hari, jadi di sini petugas harus mengunjungi kembali pada saat responden sudah ada di tempat. Dan juga misal kekuranglengkapan ART di rumah juga akan menyulitkan petugas dalam menyakan perjalanan ART yang belum dapat ditemui pada saat itu, sehingga petugas akan melakukan kunjungan ulang untuk mewawancarainya.

Berbagai kendala tersebut sampai sejauh ini dapat diselesaikan secara intern oleh petugas lapangan dengan tetap berkoordinasi dengan pengawas masing-masing. Dan pada saat listing, pengawas juga melakukan pendampingan di awal listing. Ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi pada saat petugas melakukan listing, bagaimana cara menyakan/mewawancarai responden, bagaimana cara menggali informasi/memprobing responden, dan cara pengisian ke dalam daftar isian. Dengan demikian kecil kemungkinan akan didapatkan kesalahan-kesalahan serupa.

Akhirnya, semoga pelaksanaan listing Wisnus di Kabupaten Rembang berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan dengan petugas yang berkualitas insyaAllah didapatkan hasil yang optimal sesuai dengan yang diharapkan BPS, yaitu data yang berkualitas. (SR)

 

 …Tetap Semangat dan Salam PIA…

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik