Updating Susenas Maret 2018 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Updating Susenas Maret 2018 BPS Kabupaten Rembang

Updating Susenas Maret 2018 BPS Kabupaten Rembang

22 Februari 2018 | Kegiatan Statistik


Mengingat begitu padatnya jadwal pekerjaan di bulan Februari ini semoga temen-temen petugas dalam kondisi sehat, jangan sampai terhanyut dengan ‘seabreg' pekerjaan yang jadwalnya saling tumpang tindih dan tetap harus semangat. Semoga kita senantiasa masih dalam naungan keberkahan dalam menjalankan tugas-tugas rutin yang menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Kita harus memahami ritme kerja kita sendiri, karena setiap orang mempunyai ritme kerja yang berbeda.

Kali ini BPS Kabupaten Rembang sedang melaksanakan updating/ pemutakhiran rumah tangga Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2018 pda blok sensus terpilih. Jadi, sebelum melakukan pencacahan  pada bulan Maret nanti, petugas harus melakukan updating muatan rumah tangga pada blok sensus terpilih tersebut. Kegiatan ini dijadwalkan mulai tanggal 19-23 Februari 2018. Total blok sensus terpilih di Kabupaten Rembang sebanyak 72 blok sensus. Dengan total petugas sebnayak 54 petugas yang terdiri 40 petugas sebagai PCS dan 14 petugas sebagai PMS, dimana masing-masing PCS mengerjakan rata-rata 1-2 blok sensus.

Penting untuk diketahui bahwa sebelum melakukan updating rumah tangga, para petugas melakukan penelusuran wilayah blok sensus yang menjadi wilayah kerjanya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah cakupan demi menjaga dan meningkatkan kualitas data yang ada.

Pemutrakhiran ini bertujuan untuk memberikan gambaran populasi rumahtangga dalam satu blok sensus. Pemutakhiran rumah tangga dilaksanakan dengan sistem door to door, hal ini dimaksudkan untuk menjamin keakuratan data populasi yang akan dikumpulkan. Selain mengupdate keberadaan rumah tangga, petugas juga melakukan update terhadap jumlah jiwa di setiap rumah tangga, Pendidikan terakhir kepala rumah tangga dan keberadaan balita ataupun ibu hamil dalam setiap rumah tangga. Variabel-variabel tersebut akan menjadi bahan penimbang dalam penarikan sampel susenas sejumlah 10 rumah tangga setiap blok sensusnya untuk kemudian dilakukan pencacahan lengkap.

Semoga pelaksanaan updating/pemutakhiran rumah tangga Susenas Maret 2018 di kabupaten Rembang berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan menghasilkan data yang akurat dan berkualitas. (SR)

 

# Tetap semangat dan PIA


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik